Recent Posts

Contributors

Mengenal LUNA, Smartphone Merek Baru Besutan Foxconn

Wednesday, November 30, 2016
Luna, smartphone besutan Foxconn yang selama ini hanya dipasarkan di Korea Selatan beberapa waktu lalu diluncurkan di Indonesia. Ponsel ini mengandalkan desain mewah, spesifikasi high-end, dan kualitas premium dan harga terjangkau. Spesifikasi smartphone Luna di antaranya adalah memiliki RAM 3GB, Memory Internal 64 GB, kamera 13 MP + 8 MP, dan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow.
Sebagaimana di Korea Selatan, Luna membidik segmen kelas middle-up (menengah ke atas) terutama kalangan muda yang ingin tampil stylish, enerjik dan modern. Foxconn mengklaim ponsel ini dibuat dengan kualitas yang setara dengan iPhone. Mulai dari bahan, proses finishing maupun quality control-nya.
Wajar sih jika berani mengklaim seperti itu. Karena Foxconn merupakan pabrikan yang dipercaya Apple untuk memproduksi iPhone. Jadi mereka tahu persis seperti apa jeroan iPhone. Nah, belajar dari situ, mereka mencoba bikin merek sendiri dengan merek LUNA yang kualitas mirip, tetapi harganya lebih murah.

Dari tampilan ekterior, Luna tampil dengan desain stylish dan menawan. Memiliki dimensi yang pas dengan ukuran genggaman tangan orang Asia termasuk Indonesia, sehingga nyaman saat dipegang. Dengan bobot 186 gram, ini menjadi smartphone yang ramping sekaligus ringan.
Ponsel ini dirancang dengan ketelitian tingkat tinggi sesuai dengan standard Foxconn yang dikenal sebagai pabrikan smartphone kelas dunia. Material casingnya terbuat dari aluminium yang menyelimuti seluruh body dengan kurva lembut. Proses desainnya body-nya dibuat memakai logam dengan 8 CNC process sehingga hasilnya presisi.
Bukan hanya desain eksteriornya saja yang menjadi perhatian, tampilan antarmuka interior juga cukup menarik. Terdapat layar berukuran lebar 5,5 Inchi dengan resolusi 1920 x 1080p (Full HD)Menyajikan kualitas layar sentuh yang tajam, responsif dan smooth.
Sebagai ponsel pintar yang membidik segmen anak muda dan eksekutif muda, Luna dibekali dengan fitur melimpah terutama berkat penggunaan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow.
Bagi yang gemar memotret, terdapat kamera depan dengan resolusi 13 megapixel yang memiliki aperture (bukaan) F/2.0 disertai Dual LED Flash. Sementara itu kamera depan dengan resolusi tinggi 8MP dan aperture F/1.8 dengan wide angle.
Berbagai konten multimedia, baik foto, audio maupun video bisa disimpan dalam memori penyimpanan yang lapang berkapasitas 64 GB serta slot kartu micro SD dengan kapasitas hingga 128 GB.
Dalam hal konektivitas, Luna telah dipersenjatai dengan teknologi 4G LTE sehingga pengguna bisa merasakan akses internet super cepat melalui smartphone ini. Selain itu, koneksi nirkabel juga diperkuat dengan teknologi Wi-Fi terbaru 802.11 a/b/g/n/ac yang memberikan transfer data lebih kencang.
Terakhir, untuk menunjang performa, spesifikasi smartphone LUNA memiliki prosesor high-end Qualcomm Snapdragon 801 Quad Core 2.5 GHz. Kapasitas memorinya juga besar yakni RAM 3GB. Sementara itu, daya tahan ponsel ditopang dengan baterai berkapasitas 2.900 mAH yang cukup besar di kelasnya.
Bagian dapur pacu inilah yang sempat memicu kontroversi di media sosial. Karena tak sedikit yang menganggap harganya kemahalan untuk spesifikasi, terutama dari segi prosesor, yang sudah keluaran tahun lama. Untuk diketahui, prosesor high-end terbaru Qualcomm adalah Snapdragon 820.
Mengenai hal itu, pihak LUNA berdalih ponsel ini tak melulu bicara soal spesifikasi, tetapi lebih kepada user experience dan kualitas. Memangnya, berapa sih harga jualnya? Pihak LUNA Indonesia menjual smartphone ini dengan harga IDR 5,499,000. Dengan harga di level ini, berarti LUNA head to head dengan Samsung Galaxy A5 yang masuk segmen menengah. Tetapi jika dibandingkan dengan para pemain baru, harga tersebut sudah termasuk di level premium.
Spesifikasi Smartphone LUNA V55C
Body

Dimension157.6×77.1×7.38mm
Size186g
ColourDark grey, Warm Silver
DisplaySize5.5 inch
ResolutionHD 1080P Full (1920 x 1080) LTPS TFT
ProcessorCPU Speed2.5 GHz
 CPU TypeQualcomm Snapdragon, Quad-Core 2.5 GHz
Memory

RAM3 GB
ROM64 GB
ExtendedMicro SD up to 128 GB
Connectivity





Network4G LTE, 3G WCDMA, EDGE, GPRS
SIM typeMicro SIM
BluetoothBluetooth v4.0
Location technologyGPS / AGPS / GLONASS
NFCSupport
WiFi802. 11/a/b/g/n/ac, support WiFi Direct
Jack audio3.5mm stereo
Camera


Main (rear)13 MP AF (F2.0)
Front8 MP  FF (F/1.8) 80wide angle
FlashDual Flash
ModuleSony Sensor
Battery

Capacity2,900 mAh
Talk time (WCDMA/LTE)15 hours/9 hours 30 minutes
OSAndroid 6.0  Marshmallow
SensorAccelerometer,  Light Sensor, Orientation Sensor,  Gyrososcope, Magnetic  Sensor, 3D Gravity, Promixity ,  E-compass,
OtherSmart amplifier,   microSD card or a second nano SIM with slot 2

No comments:

Post a Comment