Recent Posts

Contributors

Singtel dan Telkomsel Kembangkan Layanan Remittance untuk Masyarakat Indonesia di Singapura

Monday, March 27, 2017



Bertepatan dengan perayaan 50 tahun hubungan bilateral Indonesia dengan Singapura, Singtel dan Telkomsel meluncurkan layanan mobile remittance real-time untuk Indonesia. Kolaborasi ini merupakan kerjasama layanan keuangan mobile pertama yang dilakukan Singtel dan Telkomsel untuk mendorong inovasi di pasar Indonesia dan Singapura.

Dengan memanfaatkan aplikasi mobile Singtel Dash, kini pelanggan Telkomsel di Singapura dapat mengirim uang ke keluarga atau kerabatnya di Indonesia secara lebih cepat dan mudah melalui WeselPOS Instan yang dimiliki PT Pos Indonesia. Dalam kerjasama ini, Telkomsel berperan sebagai Penyelenggara Transfer Dana (PTD) untuk koridor Singapura yang bisa dicairkan di 4.500 kantor pos di Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, “Kerjasama Telkomsel dalam layanan remittance Singtel merupakan salah satu upaya untuk mendukung pemerintah dalam membuka inklusivitas keuangan bagi masyarakat Indonesia, terutama segmen yang selama ini belum menikmati layanan perbankan. Remittance di luar negeri memungkinkan mereka untuk meningkatkan kualitas hidup sekaligus memberikan kesempatan untuk mulai berinvestasi menyambut masa depan. Kami yakin setiap upaya untuk membuka inklusivitas keuangan juga akan mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia.”

Seiring kerjasama tersebut, Telkomsel pun tengah mempersiapkan pengembangan layanan remittance di Indonesia. Dengan menggandeng PT Pos Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai mitra strategis, Telkomsel berupaya memperluas channel pencairan atau penerimaan dana, baik secara tunai ataupun online, hingga 100.000 titik yang mencakup pusat pelayanan pelanggan GraPARI, ritel modern, kantor pos, dan kantor perwakilan bank di seluruh Indonesia.

Upaya tersebut dilakukan guna membangun ekosistem uang elektronik secara berkesinambungan sehingga memudahkan pelanggan memanfaatkan dana kiriman langsung dari ponsel penerima. Adapun ekosistem yang dimaksud mencakup fitur pembelian, pembayaran, belanja, dan juga akses ke layanan finansial lainnya.

Saat ini Telkomsel telah memiliki izin dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Transfer Dana. Telkomsel juga berkoordinasi secara aktif dengan pemerintah, dalam hal ini Kantor Staf Presiden (KSP) dan Badan Nasional Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), untuk memberikan akses transfer dana kepada TKI di luar negeri secara mudah, murah, dan aman.

Sekilas Mobile Financial Services Telkomsel

Pengembangan Mobile Financial Services (layanan keuangan digital) yang dilakukan Telkomsel difokuskan untuk menciptakan gaya hidup baru dalam melakukan pembayaran secara non tunai, sehingga memperluas jangkauan layanan keuangan kepada lebih banyak lagi masyarakat dan tentunya mendukung Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan pemerintah.

TCASH merupakan layanan keuangan digital Telkomsel dalam bentuk uang elektronik yang sudah memiliki izin (license) dari Bank Indonesia. TCASH hadir dengan beragam inovasi seperti TCASH Tap yang menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication) dan TWALLET yang merupakan aplikasi dompet virtual pada ponsel pintar (smartphone) untuk mengakses TCASH dan value-added-services lainnya, seperti mobile coupon. TCASH memungkinkan pelanggan dan merchant untuk melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan telepon seluler.

Saat ini Telkomsel sudah melayani lebih dari 10 juta pelanggan TCASH. Kini lebih dari 7.000 gerai merchant dari kategori food and beverage (F&B), entertainment, belanja online, dan mitra pembayaran di seluruh Indonesia menerima TCASH sebagai instrumen pembayaran.

Selain menyediakan layanan pembayaran secara digital, Telkomsel juga membuka akses keuangan bagi masyarakat yang tidak tersentuh layanan perbankan (unbanked segment). Inilah upaya untuk mendukung pemerintah dalam mendorong percepatan keuangan inklusif secara nasional.

Untuk itu, bekerjasama dengan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), Telkomsel menghadirkan layanan ketersambungan TCASH dengan tabungan BTPN Wow! Layanan keuangan terhubung pertama di Indonesia ini hadir untuk memberikan kemudahan bertransaksi dan menabung melalui ponsel, mengombinasikan kekuatan produk dan jaringan telekomunikasi dengan produk dan jaringan perbankan. Layanan TCASH-BTPN Wow! Link kini dinikmati lebih dari 1,3 juta nasabah dengan jumlah agen sebanyak lebih dari 176.000 agen.


Di samping itu, Telkomsel menjalin kemitraan dengan berbagai institusi dan perusahaan, sehingga membuka akses yang lebih luas bagi masyarakat dalam menikmati layanan keuangan, termasuk membantu sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

No comments:

Post a Comment