Recent Posts

Contributors

Bantu Percepat Akses Pendidikan di Seluruh Indonesia, Akademi Berbagi dan Inibudi.org Ajak Masyarakat Indonesia Ikut Serta Di Gerakan 1945 Diska Lepas (Flash Disk) #1945berbagiberbudi

Monday, August 28, 2017


Jakarta, 28 Agustus 2017 – Mengusung semangat Kemerdekaan RI yang ke-72, Akademi Berbagi dan Inibudi.org – dua organisasi nonprofit yang memiliki kepedulian pada masalah pendidikan di Indonesia, menginisiasi ajakan pengumpulan 1945 diska lepas (flash disk) kepada masyarakat luas. Flash disk tersebut nantinya akan didistribusikan ke sekolah-sekolah yang tersebar di wilayah Indonesia guna mempercepat akses pendidikan dan juga peningkatan mutu siswa sekolah. Ajakan pengumpulan 1945 flash disk secara resmi dimulai hari ini hingga November 2017. 

Berdasarkan data dari Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP) tahun 2016, sekitar 48.000 sekolah dari total 165.000 sekolah yang dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI masih minim fasilitas untuk mengakses teknologi . Data lain menujukkan, bahwa pada tahun 2011, 88,8% sekolah di Indonesia mulai SD hingga SMA belum melewati mutu standar pelayanan minimal .

“Memahami kondisi yang ada, Akademi Berbagi dalam rangka hari jadi ketujuh, bersama Inibudi.org berinisiasi membuat gerakan dengan mengajak masyarakat ikut serta menyumbang flash disk berkapasitas minimal 32 GB.  Adapun jumlah flash disk yang terkumpul kami targetkan sebanyak 1945 buah dengan periode waktu pengumpulan selama tiga bulan. Flash disk yang terkumpul akan diisi konten edukasi materi belajar mengajar yang kemudian akan didistribusikan kebeberapa wilayah di Indonesia. Tentunya harapan kami lewat inisiasi ini, mutu pendidikan yang berbasis teknologi menjadi lebih terdepan,” jelas Ainun Chomsun, Founder Akademi Berbagi.

Menanggapi kolaborasi dengan Akademi Berbagi, Najeela Shihab, Founder Inibudi.org menyatakan, “Ditengah pesatnya kemajuan teknologi, menuntut kita untuk mampu beradaptasi, tak terkecuali anak-anak Indonesia yang sedang menuntut ilmu. Inibudi.org memiliki materi edukasi yang bisa diakses oleh siapapun dari website www.inibudi.org atau jaringan Youtube www.youtube.com/inibudiorg yang bisa digunakan oleh siswa dan guru di sekolah formal mulai dari sekolah dasar, menengah dan atas sebagai bagian dari proses belajar dan mengajar kapan saja dan di mana saja, tanpa batasan. Sayangnya masih ada dibeberapa wilayah yang masih minim akses pendidikan, sehingga materi edukasi yang kami miliki belum dapat dirasakan oleh siswa-siswi Indonesia lainnya. Semua video Inibudi.org dirancang oleh guru dan orang-orang yang kompeten di bidangnya, disesuaikan dengan tujuan dan materi kurikulum nasional. Sejalan dengan komitmen kami untuk menumbuhkan potensi siswa secara utuh melalui beragam video pengetahuan umum dan pengembangan pribadi.”

Bagaimana cara masyarakat ikut serta? Flash disk dapat dikirimkan ke kantor Akademi Berbagi di Jl. Kaimun Jaya No. 17 Cilandak, Jakarta Selatan atau ke kantor Inibudi di Jl. Jeruk Purut No. 11 Cilandak, Jakarta Selatan, serta dapat juga melalui pemberian donasi berupa uang untuk pembelian flash disk melalui Kitabisa.com (https://kitabisa.com/berbagiberbudi1945). Akademi Berbagi dan Inibudi.org juga membuka kesempatan bagi relawan yang ingin bergabung membantu mengunduh, isi dan distribusikan flash disk, dapat langsung mendaftar ke alamat yang sama. Bagi sekolah yang ingin mendapatkan materi juga bisa registrasi ke website Inibudi.org. Inisiasi ini mendapat dukungan dari Telkomsel dan Wardah selaku mitra yang turut peduli dengan dunia pendidikan anak Indonesia.

Setelah periode pengumpulan dan pengisian materi selesai pada 10 November 2017, flash disk akan mulai didistribusikan ke sekolah-sekolah terutama di wilayah Indonesia Timur yang bekerja sama dengan Taman Bacaan Pelangi, serta untuk wilayah lain seperti Sumatera, Kalimantan dan Jawa menggunakan jaringan Akademi Berbagi yang tersebar ke berbagai kota di Indonesia.

“1945 flash disk diharapkan dapat menjadi awal untuk menggerakan seluruh elemen masyarakat sebagai wujud nyata kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia. Semoga terus bergulir dan dapat memberikan sumbangsih bagi perbaikan mutu dan pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia,” tutup Ainun dan Najeela.

No comments:

Post a Comment