Recent Posts

Contributors

Telkomsel Gelar Showcase The NextDev Academy di Makassar

Saturday, September 30, 2017

Makassar – Telkomsel menggelar Showcase The NextDev Academy di Makassar , sebuah ajang untuk memperkenalkan startup-startup yang telah mendapatkan pendampingan dan pengembangan dalam NextDev Academy kepada publik dan warga kota Makassar khususnya. Kegiatan  edukasi dan sosialisasi startup untuk menginspirasi  anak muda ini berlangsung selama dua hari mulai tanggal  30 September - 1 Oktober 2017  mengambil tempat di Atrium Trans Studio Mall Makassar.

Aktivitas ini menampilkan 10 finalis kompetisi The NextDev tahun 2015 dan 2016 yang terpilih sebagai 10 besar peserta The NextDev Academy berdasarkan beberapa parameter penilaian, yakni performansi secara kuantitatif, kematangan produk, validitas model bisnis, serta kehandalan komunikasi publik dan pemasaran. Kesepuluh startup itu adalah Eragano, Kostoom, Gandeng Tangan, Vestifarm, Jejakku, The Denim Club, Habibi Garden, Juru Parkir, Kredibel, dan Angkuts.

Vice President Sales & Marketing Area Pamasuka Herry Setiawan mengatakan, “Showcase The NextDev Academy merupakan upaya dukungan Telkomsel untuk para wirausaha di bidang digital agar dapat mengembangkan sekaligus memperkenalkan kepada generasi muda potensi dari Digipreunership yang mampu menghadirkan solusi optimal bagi kendala yang di temukan di lingkungan sosial, rutinitas keseharian, transportasi hingga kesehatan. Sehingga diharapkan dapat menginspirasi para calon developer muda Indonesia di berbagai wilayah khususnya di kota Makassar , sehingga ke depannya membuka peluang kolaborasi untuk mencari solusi yang tepat dalam pengembangan kota. Untuk itu Kami sangat mengapresiasi niat besar para digipreneurship dari berbagai bidang untuk berpartisipasi dalam kegiatan selama dua hari ini.

Pada hari pertama Showcase Sabtu 30 September , 10 besar finalis The NextDev Academy 2017 tersebut melakukan demo dan team pitching untuk menginspirasi pengunjung dengan aplikasi yang mereka kreasikan. Kegiatan ini juga diisi dengan sesi talkshow yang menghadirkan para praktisi di industri startup, yakni Yansen Kamto (Founder Kibar) dan Gibran Huzaifah (Founder & CEO eFishery) 

Sementara pada hari kedua  Minggu 1 Oktober diadakan rocket pitching untuk menjaring calon finalis Kompetisi The NextDev 2017. Pendaftaran rocket pitching  telah dibuka sebelum roadshow untuk 20 pendaftar dengan masing-masing tim beranggotakan maksimal tiga orang . Setelah melalui seleksi persyaratan tertentu 15  Startup diantaranya akan ikut lanjut  dalam kegiatan ini dimana Masing-masing tim peserta dari ke 15 Startup tersebut  diberi waktu selama tiga menit untuk mempresentasikan ide aplikasi yang memaparkan problem, solusi, dan model bisnis untuk isu perkotaan. Adapun topik yang bisa dipilih sama dengan kategori dalam Kompetisi The NextDev 2017, yakni e-Health (kesehatan), e-Education (edukasi), e-Agriculture (agrikultur), dan e-Transportation (transportasi). Penentuan peserta terbaik dalam rocket pitching tersebut dilakukan oleh para juri yang berpengalaman di bidang startup digital.

Dua peserta terbaik dalam rocket pitching ini akan  memperoleh hadiah spesial. Peserta terbaik pertama berhak atas golden ticket ke 20 besar Kompetisi The NextDev 2017 serta saldo TCASH sebesar Rp 3 juta. Sementara itu, peserta terbaik kedua meraih tiket ke tahap 100 besar kompetisi yang sama dan saldo TCASH sebesar Rp 1 juta.

Antusiasme  para anak muda di kota Makassar terhadap  NexDev di tahun 2017  sangat luar biasa, terlihat dari  pendaftar peserta sosialisasi yang mampu menyedot animo hingga lebih dari 300  peserta, yang diharapkan  mampu menginspirasi serta mengembangkan aplikasinya secara lebih efektif, sekaligus turut berperan serta dalam menjaga keberlangsungan komunitas pengembang aplikasi dan ekosistem digital berbasis aplikasi. Dalam pelaksanaan di Makassar ini sendiri,  saat dibuka pendaftaran  Rocket Pitching sekitar  20 peserta startup baru langsung mendaftarkan diri untuk bisa ikut dalam acara tersebut.  

Dengan Potensi pasar di generasi muda dan  pertumbuhan utilisasi trafik data yang terus meningkat  serta didukung dengan hadirnya lebih dari 2200 BTS 4G di wilayah Sulawesi  dan 540 diantaranya di wilayah inner kota Makassar,  Telkomsel berharap melalui ajang NextDev para generasi muda khususnya di  Makassar dan Sulawesi   mampu memanfaatkan akses komunikasi, data serta informasi melalui jaringan Telkomsel dengan menghadirkan aplikasi yang solutif dan menginspirasi bagi masyarakat luas.

Showcase The NextDev Academy yang merupakan roadshow  aktivasi edukasi dan sosialisasi Startup bagi anak muda ini dilaksanakan di  5 kota di Indonesia  yang dimulai di di Sun Plaza Medan pada 2-3 September 2017, 9-10 September 2017 di 23 Paskal Bandung, 16-17 September 2017 di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta, 23-24 September 2017 di Ciputra World Surabaya, dan  terakhir di Trans Mall  Makassar  pada 30 September-1 Oktober 2017 .

The NextDev Academy merupakan ajang untuk mengasah dan mempertajam kualitas aplikasi yang diciptakan startup yang menjadi finalis The NextDev 2015 dan 2016. Dengan berpartisipasi dalam akademi yang berlangsung pada Juli hingga Oktober 2017 ini, para finalis The NextDev akan memperoleh insight yang tepat dan bermanfaat sehingga mampu mengembangkan aplikasinya secara lebih efektif, sekaligus turut berperan serta dalam menjaga keberlangsungan komunitas pengembang aplikasi dan ekosistem digital berbasis aplikasi.

The NextDev Academy digelar untuk meningkatkan skalabilitas social technopreneurs melalui pengembangan diri dan peningkatan kemampuan di bidang research and customer development, design sprint, branding, product development, serta business model and bootstrapping. Melalui ajang ini, Telkomsel mengajak anak muda Indonesia untuk bergerak bersama melalui ide dan inovasi untuk memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat.

Untuk memeriahkan acara Showcase The NextDev Academy 2017 di kota Makassar ini, Telkomsel  juga menghadirkan berbagai promo menarik  di area  event  diantaranya  transaksi  di Merchant dengan menggunakan layanan Tcash, promo produk dan paket layanan digital, penukaran Telkomsel Poin, lomba  game online serta penampilan hiburan.


No comments:

Post a Comment